Wisata Pulau Tidung

Hello world!
May 22, 2017

Wisata Pulau Tidung

wisata pulau tidung kepulauan seribu selatan

Pulau Tidung adalah salah satu dari 342 pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu Jakarta. Selain sebagai pulau yang berpenghuni, Pulau Tidung juga menyimpan begitu banyak keindahan alam serta menyuguhkan berbagai aktivitas wisata yang cukup mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati masa liburan di pulau ini.

Gambaran Pulau Tidung

Secara Administrasi Pulau Tidung berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tepatnya berada di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pulau Tidung berada di titik koordinat : 5°48’12″S – 106°31’24″E. Membutuhkan waktu kurang lebih 2 – 2,5 jam untuk bisa sampai di Pulau Tidung menempuh perjalanan laut dengan menggunakan kapal penyebrangan dari kota Jakarta.

Pulau Tidung saat ini dihuni oleh sekitar 5000 jiwa penduduk diatas daratan sebesar 109 Ha, dengan tingkat kepadatan kurang lebih kurang lebih 50 jiwa/km2.

Sebagian besar penduduk asli pulau Tidung berprofesi sebagai nelayan, layaknya masyarakat di Indonesia yang tinggal disisi laut. Namun semenjak Pulau Tidung dikenal banyak orang dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta, banyak penduduk Pulau Tidung yang juga akhirnya menjadikan bisnis wisata sebagai salah satu sumber penghasilan. Baik mendirikan usaha Tour Agency, pemandu wisata, dan tidak sedikit pula pengusaha lokal yang mendirikan bangunan-bangunan penginapan sebagai penunjang fasilitas wisata di Pulau Tidung.

Asal Muasal Nama Pulau Tidung

Ada dua versi keterangan yang menyatakan tentang awal mula nama Tidung dijadikan sebagai identitas Pulau indah yang berada di Kepulauan Seribu Selatan ini.

Dari keterangan sebagian masyarakat lokal bahwa nama Tidung memiliki makna “berlindung”. Dulunya pulau-pulau di teluk Jakarta dijadikan sebagai tempat berlindung pasukan Fatahillah ketika berhadapan dengan tentara dari Portugis. Bisa jadi ini adalah mengapa sebagian masyarakat berasumsi bahwa Tidung memiliki makna berlindung sesuai dengan sejarah peperangan pasukan Fatahillah.

Sumber lain menerangkan bahwa pada masa penjajahan, pemerintah Belanda menjadikan pulau ini sebagai tempat pengasingan beberapa tokoh dari Kalimantan yang dianggap sebagai pemberontak. Salah satu tokoh yang ikut di asingkan kepulau di Teluk jakarta ini akhirnya dikenal dengan panggilan Raja Pandita yang merupakan pemimpin suku Tidung yang berasal dari Kalimantan Timur bagian Utara.

Nama suku Tidung yang merupakan bagian dari suku Melayu dan berasal dari Kalimantan Timur ini lah yang akhirnya di jadikan Pemerintah Belanda sebagai nama untuk menandai pulau ini.

Pulau Tidung Sebagai Destinasi Wisata

Saat ini Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang ingin menghabiskan masa wisata di Kepulauan Seribu. Pantai dengan pasir putih nya yang indah, kindahan bawah lautnya yang masih terjaga, serta aktivitas wisata yang ditawarkan Pulau Tidung mampu menarik minat para wisatawan untuk berdatangan ke Pulau ini.

Ada beberapa alasan mengapa para wisatawan memilih Pulau Tidung sebagai tujuan wisata, diantaranya

  • Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta
  • tersedia banyak penginapan bersih dan nyaman dengan fasilitas cukup memadai
  • biaya wisata yang relative terjangkau
  • penduduk lokal yang ramah dan bersahabat
  • penyediaan sepeda sebagai alat transportasi yang memudahkan untuk eksplorasi keindahan pulau
  • terdapat fasilitas ATM 24 jam dari 2 Bank yaitu Bank DKI dan BRI
  • spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang masih alami dan aman bagi pemula
  • tersedia toko serta warung makanan 24 jam untuk melayani para wisatawan
  • dan masih banyak lagi.

Aktivitas Wisata di Pulau Tidung

Selain spot-spot indah yang di milikinya, Pulau Tidung juga menawarkan banyak aktivitas sebagai pengisi wisata selama berada di Pulau Tidung.

  • Snorkeling
  • jelajah Pulau Tidung dengan sepeda
  • menyaksikan sunrise dan sunset di Pulau Tidung
  • jelajah laut dengan perahu wisata
  • mengisi malam lewat aktivitas barbeque
  • explore jembatan cinta hingga Pulau Tidung Kecil
  • mancing ke tengah laut
  • water sport
  • serta masih banyak aktivitas menarik lain nya

Tidak perlu khawatir kehabisan atau kebingungan dengan aktivitas wisata bila sedang berada di Pulau Tidung, karena banyak sekali kegiatan wisata yang dapat kita lakukan disana.

Transportasi Menuju Pulau Tidung

Satu-satunya transportasi yang dapat mengantarkan kita ke Pulau Tidung hanyalah Kapal Laut. Kota Jakarta telah menyediakan dua dermaga yang melayani penyebrangan ke Pulau Tidung, yaitu Dermaga Kali Adem dan Dermaga Marina Ancol.

Dermaga Kali Adem menyediakan kapal fery dengan kapasitas maksimal sekitar 200 penumpang dengan durasi perjalanan antara 2 hingga 2,5 jam. Sementara bila memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Pulau Tidung via Dermaga Marina Ancol, kita akan menggunakan Shuttle Boat atau Speed Boat berkapasitas sekitar 35 orang dengan durasi perjalan berkisar antara 1 hingga 1,5 jam saja.

Harga Tiket Dan Jadwal Kapal Penyebrangan ke Pulau Tidung

Berikut ini adalah tarif kapal penyebrangan menuju Pulau Tidung serta jadwal keberangkatan dari Jakarta menuju Pulau Tidung pulang pergi (pp).

Dari JAKARTA menuju PULAU TIDUNG

Dari Dermaga Muara Angke

● Kapal Ferry Tradisional
Weekday : 07.00 WIB
Weekend : 07.00 – 07.30 WIB
Harga Tiket : Rp 45.000 per orang
Durasi : 2 jam

● KM Kerapu
Jadwal : 08.00 WIB
Harga Tiket : Rp 50.000
Peron : Rp 2.000
Asuransi : Rp 2.000
Durasi : 1 Jam

Dari Dermaga Marina Ancol

● Predator (Shuttle Boat – Speedboat)
Jadwal : 08.00 WIB
Weekday : Rp 185.000 per orang
Weekend : Rp 200.000 per orang
Durasi : 1 Jam

Dari PULAU TIDUNG menuju JAKARTA

Tujuan Dermaga Kali Adem – Muara Angke

● Kapal Ferry Tradisional
Weekday : 07.30 WIB
Weekend : 13.00
Harga Tiket : Rp 45.000 per orang
Durasi : 2 jam

● KM Kerapu
Jadwal : 08.00 WIB
Harga Tiket : Rp 50.000
Peron : Rp 2.000
Asuransi : Rp 2.000
Durasi : 1 Jam

Tujuan Dermaga Marina Ancol

● Predator (Shuttle Boat – Speedboat)
Jadwal : 14.00 WIB
Weekday : Rp 185.000 per orang
Weekend : Rp 200.000 per orang
Durasi : 1 Jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *